Jumat, 09 April 2010

Calon Parpol Lebih Siap

BATURAJA – Menjelang pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati OKU pada 7–13 Maret, baru tiga pasangan yang diusung partai politik yang menyatakan kesiapan berkasnya untuk mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) OKU.

Calon incumbent Bupati OKU Yulius Nawawi dan Kuryana Aziz (Bersyukur) misalnya. Pasangan ini telah mempersiapkan berkas yang diperlukan untuk mendaftar ke KPUD. Ketua Timses Bersyukur Sodirin bahkan menyatakan,pasangan yang diusungnya bakal menyerahkan berkas pendaftaran pada hari pertama, Minggu (7/3).

”Insya Allah kita serahkan berkas pendaftaran pada Minggu (7/3) nanti,” kata Sodirin yang juga Ketua DPD PPP OKU ini. Hal senada diungkapkan pasangan bakal calon yang rencananya diusung koalisi PDIP,PAN,PBB, PDP, PNIM, RepublikaN, Partai Patriot,serta PIS dan PPIB,M Nasir Agun-Priyatno Darmadi (NATO). Sekretaris DPD PAN OKU Ardi Marzuki menegaskan, pasangan NATO juga telah mempersiapkan seluruh berkas yang dibutuhkan untuk mendaftar ke KPUD.

”Informasi yang kita terima dari Pak Nasir, pasangan NATO akan menyampaikan berkas pendaftaran pada Senin (8/3) siang,”kata Ardi. Ardi menambahkan,penyerahan berkas rencananya dilakukan setelah pasangan ini menggelar deklarasi dukungan parpol yang akan dijadwalkan pada hari yang sama di Gedung Kesenian,Baturaja.

Sementara itu,Nasir Agun,saat dihubungi sebelumnya, mengatakan, ada sembilan parpol yang menyatakan siap mendukungnya.Parpol tersebut adalah PDIP, PAN, PBB,PDP, PNI Marhaenisme, RepublikaN, Patriot, yang total keseluruhan memiliki 13 kursi di DPRD OKU,ditambah dua parpol nonparlemen, yaitu PIS dan PIB. Sama halnya dengan pasangan Syamsudar-Azwan Effendi (Sam- Wan).

Pasangan ini juga menyatakan kesiapannya untuk menyerahkan berkas pendaftaran kepada KPUD OKU. Pasangan ini mengklaim didukung setidaknya 14 parpol nonparlemen, yang memiliki gabungan suara sah melebihi syarat yang diharuskan KPUD. ”Kita sudah siapkan berkas.Rencananya berkas diserahkan pada Minggu (7/3) pagi ke Kantor KPUD OKU,” kata Azwan Efendi kemarin.

Berbeda dengan ketiga pasangan di atas, pasangan Malikuswari- Juremi (MAJU) maupun calon independen Badaruzzaman Hidir- Ali Indra (BALIKU) belum memastikan tanggal penyerahan berkas. Koordinator parpol pasangan MAJU, Medi Idris, mengatakan, pihaknya belum dapat memastikan kapan akan menyerahkan berkas pendaftaran ke KPUD OKU. Begitu juga dengan pasangan BALIKU, yang belum bisa memastikan waktu penyerahan berkas. ”Insya Allah antara 7–13 Maret. Tanggal pasti belum ada,”kata Ali Indra.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar