Jumat, 09 April 2010

Pendaftaran Calon Mulai 7 Maret

BATURAJA – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) membuka pendaftaran calon bupati dan wakil bupati mulai 7 Maret mendatang.


Untuk itu, KPUD OKU mulai melakukan sosialisasi mengenai tata cara pencalonan pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) OKU sejak beberapa waktu lalu. Anggota KPUD OKU Zulfikar Ali Fajri menerangkan, agenda tahapan pilkada yang segera dilakukan dalam waktu dekat yakni pengumuman pencalonan bupati dan wakil bupati pada 6 Februari, serta penyerahan dukungan calon perseorangan di KPUD OKU atau KPUD Sumatera Selatan (Sumsel), serta seluruh PPS yang akan dimulai 7–13 Februari mendatang.

”Bagi calon perseorangan (independen) yang bakal maju pada pemilukada Kabupaten OKU, wajib menyerahkan bukti dukungan di atas materai, dilengkapi identitas penduduk,seperti KTP,KTP sementara, KK,paspor,atau surat keterangan domisili,”ujar Zulfikar, kemarin. Saat pendaftaran dibuka 7 Maret nanti, berkas dukungan yang telah diverifikasi ini, lanjut dia, diajukan pasangan calon sebagai syarat pendaftaran kepada KPUD,tentunya ditambah persyaratan umum lainnya.

Zulfikar menambahkan, khusus bagi pasangan calon yang berniat maju melalui jalur independen, dapat dinyatakan tidak memenuhi syarat dukungan jika ada salah satu dukungan yang ditarik kembali, memiliki dukungan ganda, atau masa berlaku kartu identitas penduduk yang dilampirkan telah habis waktu terhitung per 13 Februari nanti.”Dapat juga dukungan dinyatakan batal, jika tidak terdapat tanda tangan atau capjempolpadasuratdukungan,atau ditemukan identitas pendukung yang sama dengan nama berbeda,” imbuh Zulfikar lebih lanjut. Ketua KPUD OKU Umi Rachmawati menambahkan,mengenai syarat pemeriksaan kesehatan masingmasing pasangan calon,rencananya akan dilakukan di Rumah Sakit Dr Mohammad Hosein (RSMH) Palembang.

Mengenai waktunya, akan ditentukan lebih lanjut oleh KPUD. ”Kami telah mengupayakan pemeriksaan kesehatan pasangan calon ini agar dilakukan di RSUD Ibnu Sutowo,Baturaja.Tapi karena,masih ada beberapa peralatan yang belum ada,terpaksa pemeriksaan kesehatan dilakukan di RSMH Palembang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar